skip to Main Content
Download 2 (grosir Herbal Jakarta) (grosir Herbal Jakarta)

Apa Itu Madu dan Asal Muasalnya

Apa Itu Madu dan Asal Muasalnya

Artikel Kesehatan | obat herbal | madu hitam pahit

Apa Itu Madu dan Asal Muasalnya – Madu dibuat oleh lebah pada salah satu fasilitas alam yang paling efisien di dunia, yaitu sarang lebah. Diantara 10.000 spesies lebah yang berhasil diidentifikasi, lebah madu satu-satunya yang menghasilkan madu. Berkisar antara 60.000-80.000 lebah madu berkumpul menjadi satu koloni dalam satu sarang dan saling bekerjasama. Lebah-lebah tersebut terbang menempuh jarak sejauh 88.000 Kilometer sambil mengunjungi lebih dari dua juta bunga. Mereka mengumpulkan nektar bunga yang dapat menghasilkan madu sebesar 500 gram! Luar biasa bukan perjuangan para lebah tersebut.

Warna dan rasa madu umumnya berbeda-beda. Hal ini bergantung pada sumber nektar bunga. Untuk di Amerika Serikat sendiri,  terdapat lebih dari 300 macam madu, karena di sana terdapat bermacam-macam bunga. Bagaimana dengan Indonesia? Dengan keragaman hayati pada hutannya, kemungkinan besar bisa lebih dari itu. Secara umum, untuk madu yang berwarna cerah, memiliki rasa yang halus. Sedangkan yang berwarna lebih gelap, memiliki rasa yang lebih kuat.

 

Proses Pembuatan Madu

Pada awalnya lebah mengumpulkan madu dari nektar bunga / sari bunga. Secara alami, nektar tersebut dipecah menjadi gula sederhana dan disimpan di sarang. Desain unik dari sarang lebah dan kipasan sayap yang secara terus-menerus, menyebabkan penguapan berlangsung. Dengan begitu cairan nektar akan menjadi lebih tebal dan kental. Cairan manis inilah yang kita kenal dengan maduApa Itu Madu dan Asal Muasalnya

Apa Itu Madu dan Asal Muasalnya

Para petani akan mengumpulkan sisir sarang lebah. Lalu para petani menggesekan bagian lilin yang menjadi penutup madu di setiap sel hingga terlepas. Proses selanjutnya adalah sisir sarang tersebut ditempatkan dalam sebuah ekstraktor. Yaitu alat untuk memisahkan madu dari sarangnya dengan cara memutarkan sisir sarang. Sehingga madu akan terdorong ke samping ekstraktor dan dengan bantuan gravitasi, mendorong madu ke bawah dan dapat dikumpulkan.

Apa Itu Madu dan Asal Muasalnya

Setelah madu berhasil di ekstrak, madu tersebut disaring kembali untuk menghilangkan sisa potongan lilin atau potongan lainnya. Beberapa petani madu biasanya memanaskan madu untuk memudahkan proses penyaringan. Tetapi proses ini tidak mengurangi kadar nutrisi dan kualitas madu tersebut. Pemanasan hanya untuk mempermudah proses penyaringan dan menjadi lebih efektif.

Selanjutnya adalah proses pengemasan, yaitu memasukan madu ke dalam botol kaca maupun plastik. Kemasan umumnya diberi label atau nama brand agar produk madu lebih mudah dikenal masyarakat. Pada label biasanya tertulis “madu asli” yang mengindikasikan bahwa madu tersebut murni tanpa tambahan bahan lainnya.

Variasi Pada Madu

Keanekaragaman warna, rasa, dan aroma madu berbeda-beda karena hal ini tergantung pada sumber nektar bunga yang dikunjungi oleh lebah. Ada madu yang memiliki warna kuning cerah adapula yang berwarna cokelat gelap. Rasapun ada yang manis dan ada yang pahit. Bahkan bau madu hampir seperti bau asal bunganya.

Variasi pada madu merupakan variasi yang unik dalam hal perubahan cuaca tahunan. Bahkan, seandainya ada bunga yang sama-sama mekar di lokasi yang sama, dapat menghasilkan nektar yang sedikit berbeda dari tahun ke tahun.  Semua tergantung pada suhu dan curah hujan.

Diketahui sebanyak 25% dari jumlah spesies tumbuhan berbunga dunia berada di Indonesia. Jumlah ini setara dengan 20.000 spesies tumbuhan berbunga. Jadi jangan heran jika anda membeli madu dengan merk A lalu membandingkan dengan merk B hasilnya berbeda. Bukan berarti salah satunya adalah madu palsu, akan tetapi madu tersebut dihasilkan dari nektar bunga yang berbeda.

Struktur Sarang Madu

Kebanyakan orang mengenal madu sebatas cairan manis berwarna emas saja. Namun jarang yang mengetahui sarang madu dan bagian di dalamnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui struktus sarang. Karena beberapa diantaranya aman dikonsumsi dan rasanya sangat enak.

  1. Sisir Sarang

Sisir madu atau frame adalah madu dalam bentuk aslinya. Maksudnya madu tersebut berada di dalam sarang lebah. Pada sisir lebah biasanya terdapat lilin sisir yang dapat dimakan.

  1. Potongan Sisir Sarang

Biasanya sisir sarang dipotong kecil-kecil dan dimasukan ke dalam toples atau botol kaca. Madu akan terkumpul pada toples tersebut.

  1. Cairan Madu

Cairan ini yang biasa kita sebut sebagai madu. Wujudnya yang kental dan manis kaya akan nutrisi, mineral, dan memiliki beragam manfaat.

  1. Kristal Madu

Merupakan madu yang pada bagian glukosa menjadi kristal secara alami. Bagian ini aman untuk dikonsumsi.

  1. Krim Madu

Madu krim bisa dianggap sebagai madu kocok. Biasanya ketika dijual ke pasar madu ini dalam keadaan mengkristal. Kristalisasi dikontrol sesuai suhu ruangan. Sehingga madu dapat menyebar seperti mentega atau jeli. Di Amerika maupun di Eropa krim madu digemari dalam bentuk cair dan biasanya dikonsumsi ketika sarapan pagi.

 

madu | herbal | obat herbal | raja lebah | ratu lebah | antioksidan

sumber : http://pencintamadu.blogspot.com/2016/02/apa-itu-madu-dan-asal-muasalnya.html

pingback : https://maduhitampahit.id/2018/08/27/apa-itu-madu-dan-asal-muasalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top